DAUN LONTAR

Karena Yadnya Yang Paling Utama adalah Pengetahuan (Jnana)

Cinta, Cita dan Harapan

Posted by I Wayan Agus Eka on July 1, 2010

Cinta, kata ini mungkin adalah kata paling populer di dunia ini. Bahkan, sebelum kita dilahirkan di dunia inipun kita sudah mengenal kata ini, mengenal bukan dengan cara mendengar dari lingkungan namun dari apa yang orang tua kita lakukan ketika menyatukan hatinya dalam sebuah cinta sebagai suami istri. Mengenalnya tidak membutuhkan telinga, karena orang tulipun dapat merasakan, tidak membutuhkan mata karena orang butapun dapat merasakan, tidak membutuhkan kesempurnaan fisik karena orang lumpuhpun dapat merasakan, hanya dibutuhkan keterbukaan hati untuk dapat merasakan kehadirannya.

Cita adalah keinginan seseorang akan sesuatu. Dia yang menjadi adrenalin dalam setiap langkah manusia mewujudkan impiannya di dunia ini. Cita muncul dari sebuah proses pembekuan keinginan dalam alam bawah sadar seorang manusia yang selanjutnya menjadi semacam jet pendorong seseorang untuk dapat mewujudkan keinginannya itu.

Antara kata cinta dan cita hanya dibedakan oleh satu huruf  “n” saja, namun bukan berarti kedua kata tersebut tidak menyiratkan hal yang sama. Cinta dan cita merujuk ke satu kata yang sama yaitu “harapan”. Ya, harapan akan sesuatu yang pasti diinginkan setiap manusia, harapan akan adanya sesuatu yang akan diterima ketika cinta dan cita itu telah mewujud dalam kenyataan. Terus, apa yang diharapkan oleh cinta dan cita itu????tidak lain dan tidak bukan adalah kebahagiaan. Seseorang yang merasakan cinta baik dari pasangannya, keluarganya maupu temannya pasti akan merasakan kebahagiaan, begitu pula ketika cita dari seseorang tercapai maka hanya rasa bahagia yang akan dia rasakan. Berbahagialah mereka yang dapat merasakan cinta dan mencapai citanya.

Ubud, pk 16.10, 1 Juli 2010

I Wayan Agus Eka

Advertisements

2 Responses to “Cinta, Cita dan Harapan”

  1. randipopo said

    Jangan lupa berbagi ilmu di blogQ…

    http://randipopo.wordpress.com

  2. I Wayan Agus Eka said

    siap bos, suksma sampun mampir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: