DAUN LONTAR

Karena Yadnya Yang Paling Utama adalah Pengetahuan (Jnana)

Lebih Dari Sekadar Solusi dan Reaktif

Posted by I Wayan Agus Eka on April 2, 2010

Apakah turun ke jalan  salah???apakah menghujat di media salah??tidak, sama sekali tidak, sepanjang itu merupakan wujud kekecewaan dan kontrol saya sangat bisa memahaminya. Namun lupakah kita bahwa kita semua adalah komponen bangsa ini, bangsa ini bukan hanya pemerintah saja, bangsa ini bukan hanya presiden saja, tapi bangsa ini saya, anda dan kita semua. Jadi, adalah sebuah kewajiban kita semua untuk memperbaikinya, kalaupun kita menghujat atau memaki pemerintah haruslah disertai dengan solusi yang beradab dan konkret yang tidak berupa solusi normatif saja.

Saya sangat mendambakah keadaan dimana ketika mahasiswa turun ke jalan, berorasi di depan istana negara, menentang kebijakan pemerintah namun setelah itu memberikan dokumen yang berisi hasil kajian mereka sebagai kaum intelektual kepada presiden mengenai bagaimana seharusnya pemerintah mengambil sebuah kebijakan atas isu tertentu. Saya sangat memimpikan keadaan dimana mahasiswa sebelum turun ke jalan mengadakan seminar yang khusus membahas kebijakan pemerintah secara mendalam dan hasilnya berupa rekomendasi-rekomendasi konkret yang tidak bersifat normatif namun dapat menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam memutuskan sesuatu. Saya sangat mengharapkan kelompok-kelompok oposisi juga melakukan tindakan serupa dengan menghasilkan solusi-solusi bagi perbaikan bangsa. Solusi tersebut hendaknya mempertimbangkan semua aspek dan tidak bersifat parsial saja sehingga semua kalangan tercakup dalam solusi tersebut.

Bahwa pemerintah ada kekurangan dan masih perlu diperbaiki saya mengakuinya dan tidak menafikannya. Bahwa pemerintah masih ada cacatnya itu pasti dan mungkin pasti akan terus ada sepanjang jaman. Namun bahwa segala sesuatu yang tidak benar di negara ini ditimpakan kepada pemerintah saya agak kurang sependapat, bahwa pemerintah memiliki peran atas sebuah masalah adalah sebuah kepastian namun bahwa pemerintah memiliki kuasa penuh atas masalah tersebut mungkin perlu dipertanyakan. Artinya, sedikit banyak saya, anda dan kita semua memiliki andil dalam kekurangan-kekurangan yang masih ada di negeri ini dan hal inilah yang perlu disadari.

Menjadi pribadi yang solutif adalah solusi bagi negeri ini. Sudah saatnya hujatan, kritikan dan makian kita terhadap ketidakberesan diikuti dengan solusi membangun yang dilandasi pada rasa empati. Emphaty solution lebih dari sekadar solusi, dia berusaha menempatkan dirinya sebagai pihak yang memiliki wewenang karena dengan seperti itu kita mampu menangkap suasana ketika sebuah kebijakan diputuskan dan mampu memberikan solusi-solusi alternatif yang saya yakini akan bersifat konstruktif bukan destruktif.

Sudah saatnya kita semua menjadi pribadi yang menawarkan solusi terutama di bidang masing-masing yang kita tekuni dan kuasai, dan mudah-mudahan saya termasuk di dalamnya, semoga….

I Wayan Agus Eka

Advertisements

3 Responses to “Lebih Dari Sekadar Solusi dan Reaktif”

  1. April said

    krtik itu perlu tapi dilandasi dengan semangat menghargai dan dapat memberikan solusi

  2. solusi said

    fantastic issues altogether, you simply gained a logo new reader.

    What could you recommend in regards to your post that you simply made some days ago?
    Any sure?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: