DAUN LONTAR

Karena Yadnya Yang Paling Utama adalah Pengetahuan (Jnana)

Konsistensi…Pentingkah????

Posted by I Wayan Agus Eka on February 24, 2010

Dalam sebuah drama politik terbesar (mungkin dalam 10 tahun terakhir) salah seorang anggota oposisi menyatakan bahwa kita akan tetap konsisten sesuai dengan pandangan awal fraksi. Dalam kesempatan lainnya juga sering keluar pernyataan bahwa konsistensi sangat diperlukan dalam membangun negara yang bebas dari korupsi.

Apakah pernyataan mengenai konsistensi itu salah???tidak, sama sekali tidak. Namun, perlu dilihat bagaimana dan kapan kita harus bersikap konsisten. Apabila dalam indikasi awal kita bersikap bahwa telah terjadi pelanggaran namun kemudian setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan pelanggaran apakah sikap konsistensi masih diperlukan. Kalau dalam konteks ini masih bersikap konsisten maka sikap ini adalah sikap konsisten menyalahkan yang benar atau hanya mencari-cari kesalahan.

Akan sangat lebih bijak apabila sikap konsistensi memiliki dasar yang kuat yang memiliki rasional-rasional yang mendasarinya, tidak hanya didasarkan pada emosi dan membangun opini publik supaya kata-kata “konsisten” terdengar seperti sikap yang 100% benar tanpa cela. Opini publik seolah-olah digiring dengan membangun image bahwa yang konsistenlah yang selalu benar, padahal yang konsisten belum tentu benar dan yang “plin plan” belum tentu salah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: